FUNGSI WARNA DALAM DESAIN GRAFIS

Sebelumnya apakah kalian mengetahui apa itu desain grafis ? mungkin dari beberapa kalian sudah banyak yang mengetahui apa itu desain grafis tetapi tidak ada salahnya juga untuk kita menerangkan kembali tentang desain grafis. Desain Grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual dan desain komunikasi.

Desain Grafis membuat dan mengkombinasikan simbol, gambar, dan teks untuk membentuk representasi gagasan dan pesan secara visual. Desainer grafis menggunakan teknik tipografi, seni rupa, dan tata letak halaman untuk membuat komposisi visual. Penggunaan umum dari desain grafis adalah seperti desain perusahaan (logo dan merek), desain editorial (majalah, surat kabar, dan buku), desain lingkungan, periklanan, desain web, desain komunikasi, dan kemasan produk.

Beberapa fungsi warna dalam desain grafis :

  1.  Fungsi Struktural

Dalam desain grafis, warna bisa berfungsi sebagai pengarah bagi pembaca untuk menemukan informasi yang bersifat penting. Informasi itu diurutkan secara struktural berdasarkan tingkat prioritas.

  • Fungsi Isyarat dan Komunikasi

Pada desain grafis warna memiliki fungsi, sebagai sarana untuk memberikan isyarat dan komunikasi. Melalui sarana warna inilah sebuah perintah bisa tersampaikan kepada pembaca dengan baik. 

  •  Fungsi Alamiah

Penggambaran sifat obyek secara nyata sering kali menggunakan warna. Warna pada berbagai benda yang sering Anda lihat sehari-hari, tanpa disadari telah menjangkar di dalam otak. Dengan begitu saat melihat sebuah warna, otak Anda akan memproses benda apa yang memiliki warna sama persis. Ya, warna bahkan bisa menciptakan sifat obyek secara nyata. Contohnya saja, warna biru artinya langit dan laut, hijau berarti tumbuhan, dan sebagainya. 

  • Fungsi Psiklogis

Psikologis manusia selalu berkaitan dengan segala sesuatu di sekitarnya, termasuk dengan warna. Menurut penelitian, warna ternyata bisa dikaitkan dengan kejiwaan manusia. Orang yang memiliki karakter introvert cenderung lebih senang dengan warna-warna yang cerah. Oleh karena itu, warna bisa menggambarkan karakter seseorang dengan cepat dan tepat.

  • Fungsi Identitas

Warna juga memiliki peran penting untuk memudahkan pembaca agar mengenali identitas sebuah kelompok, komunitas, perusahaan, dan organisasi. Sebagai contoh, warna hijau dominan banyak digunakan utnuk organisasi atau suatu perkumpulan kelompok keagamaan di Indonesia. Inilah mengapa warna sangat penting karena kita bisa melihat suatu organisasi hanya dari warnanya. Selain itu, warna juga bisa menjadi karakter bagi beberapa produk bisnis.

  • Fungsi Pembentuk Objek

Warna memiliki fungsi ganda tidak hanya dari aspek keindahan saja, namun juga sebagai elemen yang membentuk diferensial  dengan objek lainnya. Warna apapun bisa menciptakan keindahan yang mempercantik banyak hal. Seperti ruangan dinding rumah yang dicat dengan warna favorit, maka akan mewujudkan keindahan tersendiri bagi mereka yang melihatnya.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *